TMMD WILTAS KODIM 0911/NUNUKAN DUKUNG PERCEPATAN PEMBANGUNAN WILAYAH PERBATASAN

Nunukan, salah satu kabupaten di provinsi termuda di Kalimantan Utara merupakan wilayah perbatasan RI – Malaysia. Sejak ditetapkan sebagai daerah pemekaran tahun 1999 lalu, kabupaten Nunukan terus melakukan pembangunan terutama di wilayah wilayah yang dinilai masih belum terakses oleh infrastruktur yang layak.

Adalah Desa Mansalong yang berada di Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Desa yang dihuni sekitar 55 kepala keluarga ini sejatinya memiliki potensi pertanian yang cukup menjanjikan. Hanya saja bencana banjir yang sempat melanda wilayah ini beberapa waktu lalu tentu saja membutuhkan penanganan terutama untuk pemulihan sekaligus percepatan pembangunan di wilayah ini.

“Kegiatan ini memberikan peran yang sesungguhnya dalam mengatasi permasalahan yang dialami oleh masyarakat seperti kurangnya sarana infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. Apalagi TMMD merupakan kegiatan rutin kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat sebagai salah satu pilar kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” seperti diungkapkan oleh ketua DPRD Nunukan, H.Hanafiah.

Komandan Kodim 0911 Nunukan Letkol Inf Albert Frantesca, mengatakan TMMD ke-114 akan berlangsung mulai tanggal 26 Juli 2022 hingga 24 Agustus 2022 dengan sasaran pembukaan badan jalan sepanjang 2,3 KM, pembuatan 3 unit plat deucker, pembuatan/pemasangan gorong-gorong, perbaikan gereja, kegiatan non fisik berupa penyuluhan kebangsaan di beberapa sekolah di Kecamatan Lumbis.

Selain itu, dengan kegiatan TMMD, masyarakat secara bersama-sama memperbaiki desanya tidak hanya berupa fisik juga ada pembinaan mental spiritual lewat sarasehan, penyuluhan dan kegiatan sosial lainnya.

“Banyak dampak positif yang didapat sehingga bisa meningkatkan produktivitas pertanian, juga menunjang peningkatan perekonomian di desa,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.